Kamis, 29 September 2011

Perangkat Keras dan Akses Internet

          Ada begitu banyak perangkat atau komponen yang terdapat dalam mesin komputer. Komponen - komponen ini berfungsi untuk menjalankan komputer agar bisa kita manfaatkan, termasuk untuk akses ke sistem internet. Tanpa adanya komponen pendukung sangat mustahil komputer dapat di jalankan apalagi di gunakan. Komponen - komponen apasajakah yang terdapat dalam mesin komputer khususnya untuk akses internet tersebut?

* Perangkat Keras (Terutama Prosesor)

Prosesor adalah alat yang berfungsi sebagai pengolah data dan merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah PC (Personal Computer). Perangkat keras komputer sangat berkaitan dengan prosesor, tanpa prosesor mustahil komputer bisa berfungsi. Begitu pula ketika kita akan mengakses internet, kecepatannya sangat tergantung dari prosesor yang kita pakai. Ukuran kecepatannya menunjukkan kadar kecerdasan PC (Personal Computer). Kecepatannya diukur lewat satuan Giga Hertz (GHz). 1 Ghz sama dengan 1.000.000.000 Hertz. Semakin tinggi ukurannya semakin cepat kinerjanya. Perkembangannya prosesor yang pertama kali muncul tahun1990-an adalah pentium dengan kecepatan 75 Mega Hertz, dan saat ini kecepatannya sudah mencapai 3 Giga Hertz dengan pentium IV. Ada dua macam prosesor yang banyak ditemui dipasaran antara lain Intel dan AMD. Intel biasanya dipilih buat kinerja software yang berat, dan harganya lebih mahal sedangkan AMD biasa dipilih buat penggunaan grafis atau game.


*Akses Internet

Internet (Interconeccted network) adalah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainnya yang tersebar di seluruh dunia. Perangkat keras yang di butuhkan untuk mengakses internet yaitu; komputer, PC, Laptop, Hanphone dan Modem. Ada beberapa alternatif sambungan komputer ke internet:                                                 

 a. Komputer (PC) / Laptop

Suatu Komputer yang akan digunakan untuk akses internet harus memiliki kecepatan/kemampuan dan tentunya peralatan yang digunakan untuk mengakses internet. Syarat yang harus di penuhi supaya Komputer/Laptop dapat digunakan untuk akses internet yakni harus memiliki persyaratan minimal sebagai berikut:

1.Prosesor minimal Pentium II 400 MB

2.Memory minimal 16 MB

3.Harddisk kosong minimal 10 GB

4.RAM minimal 8 MB disarankan 16 MB

5.Koneksi ke jaringan (Fix Telpon, GSM, CDMA, 3G, HSDPA, WIFI), leased line (Gelombang, Antena, Kabel, Satelit)

6.Perangkat Lunak Windows 95, 98, XP, atau lebih

7.Browser Internet (Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, dll.)

b. Modem Dial-up (Modem dipasang di komputer, baik di dalam maupun di luar CPU)

Modem merupakan perangkat untuk memodulasi data dari listrik ke dalam gelombang elektromagnetik, sehinnga dapat dikirim melalui udara atau sebuah perangkat yang menerjemahkan informasi digital ke sinyal analog atau sebaliknya. Terdapat dua jenis modem yaitu;

1.Modem Internal

2.Modem Eksternal

c.Jaringan 

Jaringan diperlukan sebagai sarana untuk menghubungkan antara komputer dan ISP (Internet Service Provider) yang menyediakan jasa layanan akses internet

d.LAN Card

LAN Card atau kartu jaringan adalah suatu alat yang dipasang pada CPU yang menhubungkan antar suatu komputer yang lainnya untuk melakukan koneksi. Sedangkan LAN (Local Area Network) itu sendiri diartikan sebagai sebuah jaringan yang di bangun pada sebuah lokasi seperti MALL,CAFE,KANTOR, dll.

orizky.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar