Minggu, 18 Desember 2011

Acer Aspire 4750: Laptop Sandy Bridge untuk Mainstream



Pasar notebook 14 inci adalah pasar dengan pengguna terbesar di Indonesia. Dengan kisaran harga Rp 4 juta hingga 5 juta, tersedia berbagai pilihan dari berbagai vendor. Untuk pasar ini, Acer mengandalkan seri Aspire 4000. Beberapa saat yang lalu, kami mencoba sebuah Aspire 4253 dan kini kami akan melihat apa yang ditawarkan Aspire 4750.

Aspire 4750 dilengkapi dengan prosesor Intel Core i3-2310M, salah satu dari keluarga prosesor generasi kedua Core i7 terbaru (Sandy Bridge). Selain kinerja prosesor lebih tinggi daripada generasi sebelumnya, Core i3-2310M menjanjikan kinerja graphics mumpuni untuk sebuah graphics card integrated. Graphics card integrated Intel terbaru ini – HD 3000 – menjanjikan kinerja lebih tinggi dan kompatibilitas lebih baik daripada pendahulunya.


Desain & Konstruksi
Aspire 4750 menggunakan platform desain yang sama dengan Aspire 4253. Notebook 14 inci ini tersedia dalam tiga pilihan warna – Mesh Black, Mesh Brown dan Mesh Red. Sampel yang kami terima kali ini adalah Blue. Dari segi desain dan konstruksi, Aspire 4750 tidak jauh berbeda dengan Aspire 4253.
Bagian atas : Notebook Acer Aspire 4750




Port USB 3.0 yang dapat Anda temukan pada Notebook ini.

Perbedaan utama antara keduanya, selain prosesor dan memori, adalah Port USB 3.0. Sebuah konektor USB 3.0 bisa Anda temukan disisi kanan notebook, disamping built in DVD-ROM. Untuk membedakannya dari port yang lain, Acer memberikannya warna biru. Dengan keberadaan Port USB 3.0, Notebook ini tidak lagi memerlukan port eSATA karena berbagai media penyimpanan data portable external saat ini lebih banyak menggunakan USB dibandingkan eSATA. Dan Port USB 3.0 mampu mengalirkan data dengan kecepatan hingga 5 Gbit/s. Secara teoritis, kecepatan USB 3.0 memang 10x lipat USB 2.0. Tentu saja, kecepatan ini bisa dicapai jika Anda menggunakan perangkat USB 3.0 yang kencang. Sebagai catatan, perlu diketahui bahwa port USB 3.0 dapat dipasangkan dengan perangkat USB biasa, hanya saja kecepatannya akan menjadi sama dengan USB 2.0.


Popup untuk Caps Lock

Popup untuk TouchPad

Acer Aspire mempunyai indikator popup (di dalam Windows) untuk menandakan status beberapa fungsi. Software yang disertakan dengan Aspire 4750 akan menampilkan informasi yang muncul (popup) untuk menginformasikan status caps lock, numlock, dan scroll lock. Selain fungsi-fungsi ini, tersedia juga popup untuk mengunci touchpad saat Anda mengetik maupun mengaktifkan WiFi dan Bluetooth.


Keyboard notebook ini menggunakan desain water lilly (seperti kebanyakan notebook keluaran Acer). Tuts jenis ini termasuk nyaman digunakan karena mempunyai penampang tuts yang besar. Namun bentuk tuts yang mengambang memebuat celah-celahnya mudah disusupi kotoran. Perhatian ekstra sangat dibutuhkan untuk notebook dengan keyboard jenis ini. Selain itu, notebook ini memiliki touchpad berukuran luas yang memudahkan Anda melakukan gerakan multitouch. Fungsi klik kanan dan kirinya juga terasa empuk  dan nyaman saat ditekan

Prosesor : Intel Core i3 2310M


Bingung dengan penamaan? Mudah saja. Semua prosesor Intel Core generasi ke-2 memiliki penamaan dengan 4 angka. Ini berbeda dari prosesor Core 2010 terdahulu yang menggunakan penamaan dengan 3 angka (contoh: Core i3-380).
Aspire 4750 ini menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-2 dengan nama Core i3-2310M. Prosesor ini memiliki spesifikasi menyerupai Core i3 terdahulu. Di dalamnya terdapat 2 core prosesor yang memiliki fitur Hyper-threading (HT). Bedanya, prosesor baru ini sudah disempurnakan teknologinya untuk mencapai performa lebih tinggi. Konsumsi dayanya pun dirancang lebih rendah dibandingkan pendahulunya. Selain itu, yang paling penting adalah tersedianya VGA baru di dalam prosesor ini: Intel HD Graphics 3000.

VGA baru: Intel HD Graphics 3000
Ah, VGA terintegrasi tentunya memiliki performa yang biasa saja, bukan? Lalu apa istimewanya? Jangan remehkan VGA baru dari Intel ini. Intel HD Graphics 3000 memiliki performa dijanjikan cukup jauh dibandingkan pendahulunya. Intel menargetkan VGA baru ini untuk dapat menjalankan game mainstream seperti Starcraft 2, jajaran game The Sims, dan beragam game online 3D baru lainnya secara lancar. Selain itu, sirkuit VGA ini terkoneksi dengan teknologi Intel terbaru, Intel Quick Sync Video, yang menjanjikan performa pengolahan video (transcoding/konversi) yang jauh lebih kencang dibandingkan pesaing lainnya.

Konektivitas
Sebagai pilihan konektivitas, Acer menyertakan WiFi 802.11a/b/g/n dengan Aspire 4750. Sampel yang kami uji juga dilengkapi dengan Bluetooth 3.0. Berbeda dengan Aspire 4253, Bluetooth 3.0 tersedia sebagai bagian dari paket standar Aspire 4750. Kami melakukan pengujian singkat dengan menghubungkannya ke jaringan 802.11g dengan access point ASUS DSL-G31. Jarak paling jauh yang kami dapat dari access point sekitar 15 m. Pada jarak tersebut, akses ke jaringan masih aktif dan kecepatan jaringan terdeteksi sekitar 54 Mbps dengan kekuatan sinyal satu strip/bar. Untuk kecepatan transfer optimal, adapter Atheros AR5B97 yang digunakan oleh Aspire 4750 akan bekerja lebih optimal saat tidak ada halangan antara notebook dan access point. Sedangkan untuk koneksi kabel LAN, Aspire 4750 dilengkapi oleh Gigabit Ethernet yang menggunakan adapter Broadcom.

Baterai Life
Aspire 4750 dilengkapi dengan baterai yang sama dengan Aspire 4253, sebuah baterai lithium ion dengan kapasitas daya 48 Wh. Bila Anda ingat, kami merasa kapasitas daya baterai ini cukup kecil bila dipasangkan dengan notebook 14 inci.


Namun, berkat penggunaan prosesor terbaru yang lebih hemat energi, Anda bisa menggunakan Aspire 4750 untuk menonton film hingga 4 jam 45 menit. Ini lebih lama sekitar 1 jam dibandingkan Aspire 4253.
Untuk pekerjaan lebih berat, seperti gaming, yang memperhitungkan penggunaan graphics card, Aspire 4750 bisa bertahan hingga 1 jam 20 menit. Lebih pendek sekitar 40 menit dibandingkan Aspire 4253. Untuk penggunaan umum seperti mengetik dan browsing Internet, baik dengan maupun tanpa terhubung ke jaringan WiFi, 4750 bisa bertahan sampai sekitar 6 jam.

Kinerja
Secara umum, kinerja yang ditawarkan sangat baik, kurang lebih sekitar 10 hingga 15 % lebih tinggi dibandingkan notebook dengan Intel Core2Duo T8100 ataupun T4400 yang di kisaran harga setara. Sesuai dengan janji Intel, Core i3-2310 juga menawarkan suhu operasi dan konsumsi daya lebih rendah.

Bila Anda tidak puas dengan kinerja CPU, Anda akan kagum dengan kinerja graphics HD 3000. Kinerja yang ditawarkan sangat baik, Anda bahkan bisa memainkan game-game terbaru, DirectX maupun OpenGL sangat baik. Kami mencoba dua game – DIRT 2 dan Medal of Honor. DIRT 2 cukup nyaman dimainkan hingga resolusi 1024×768 dan setting ‘Medium’. Untuk Medal of Honor, setting ‘Low’ dengan resolusi 800×600 menawarkan frame rate terbaik.


Performa
Dari sisi performa, Acer Aspire 4750 lebih dari cukup untuk pekerjaan ringan seperti web browsing, email, dan pekerjaan produktivitas lainnya. Pekerjaan lebih berat juga tidak banyak membebani notebook ini. Menonton film H.264 dengan resolusi HD juga menyenangkan dan tanpa gangguan, baik itu dengan format 720p maupun 1080p. Selain H.264, Intel HD 3000 graphics yang digunakan juga mendukung hardware accelerated playback untuk VC1 dan MPEG 4 ASP (DivX dan XviD).

Berkat keputusan Acer melengkapi Aspire 4750 dengan Core i3-2310 dan memori 2 GB , bekerja dengan dokumen dan aplikasi sangat nyaman. Ini juga terlihat saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, misalnya meng-unzip file terkompresi dengan ukuran besar dan menjalankan game ataupun memanggil aplikasi lain.
Benchmark OpenGL test Cinebench memperlihatkan hal ini dengan jelas. Intel HD 3000 graphics yang diintegrasikan ke dalam prosesor Core i3-2310M ini kurang lebih setara dengan Radeon HD 6310. Namun, berkat kemampuan prosesor yang jauh lebih cepat (hingga lebih dari dua kali), Aspire 4750 dengan nyaman menjalankan game-game baru yang meminta prosesor berkinerja tinggi.


Kesimpulan
Notebook ini memiki kinerja yang tergolong baik dan mumpuni untuk menjalankan aplikasi menengah ke atas. Selain itu, notebook ini memeiliki daya hidup yang tergolong tinggi, lebih dari 6 jam. Walau begitu, kami tetap menyarankan Anda untuk selalu membawa adaptornya saat Anda pergi ke luar ruangan.
Satu hal yang mengecewakan kami adalah kinerja graphics Intel GMA HD 3000 yang digunakan notebook in. Tadinya kami berharap graphics tersebut akan mampu memberikan performa seperti komposisi prosesor Intel Core i7 dengan graphics Intel GMA HD. Sayangnya, hasil benchmark menunjukkan hasil yang berbeda. Saat ini kami dapat menyimpulkan bahwa graphics Intel GMA yang memiliki kinerja tinggi jika dipasangkan dengan prosesor berkinerja tinggi juga. 
Bila anda mencari notebook handal dengan dan a sekitar Rp 5 juta, kami menyarankan Anda mempertimbangkan Acer Aspire 4750. Dari sisi spesifikasi, Aspire 4750 bisa dibilang amat memadai untuk kebutuhan rata-rata pengguna komputer sampai 2 tahun ke depan. Anda akan mendapatkan kinerja lebih tinggi dengandaya tahan baterai lebih lama dibandingkan notebook-notebook lain yang menggunakan prosesor Intel Core i generasi sebelumnya.
Kelebihan:
- Prosesor cepat.
- Chip grafis terintegrasi Intel jauh lebih berguna dibanding generasi sebelumnya.
- Daya tahan baterai di atas rata-rata.
- Harga murah, dibandingkan notebook Core i3 generasi pertama.


Spesifikasi Teknis
Processor : Prosesor Intel Core i3-2310M (3 MB L3 cache, 2.10 GHz)
OS : Genuine Windows 7 Basic 64 bit
System memory : 2GB DDR3
Harddisk : 500 GB HDD
Optical drive : DVDRW SupportMuti Double Layer Drive
Layar : 14” (1366 x 768) HD Acer CineCrystal™ LED-backlit TFT LCD
USB : 3x USB (2 x USB 2.0 , 1 x USB 3.0)
Graphics adapter : Intel HD 3000 Graphics dengan dedicated memori sistem up to 818 MB
Webcam : Acer Crystal Eye 1.3MP webcam
Card Reader : 4 in 1
Daya Baterai : 4400 mAh 10.8V
Wireless communication : Acer Nplify Wireless WiFi Link 802.11b/g/Draft-N terintegrasi
Harga: Rp. 5,499,000 garansi resmi Acer Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar